Pengamatan benda langit

Bookmark and Share

Benda langit

Langit tampak terang pada siang hari . Dilangit ada matahari dan awan.Kadang kadang tampak pula burung dan pesawat terbang.
·        Pada saat kita mengamati langit pada siang hari .Dilangit ada berbagai benda langit.Siang hari langit terang dan berwarna biru.Kita dapat melihat mata hari dan awan.Benda langit yang terlihat pada siang hari:

1.      Matahari adalah benda langitMatahari dapat dapat memberikan cahaya dan panas.Pada siang hari kita juga dapat melihat awan. Di bulan November ini kita yang berada di Indonesia merasakan betul bagaimana terik dan panas matahari bersinar pada siang hari. Cuaca begitu panas menyengat membuat keringat tak berhenti menetes dan tenggorokan cepat kering menyebabkan kita mudah haus. Tak berbeda jauh dengan kondisi tahun lalu.Berikut ini tabel sudut deklinasi matahari:
Tanggal
Deklinasi Matahari (dalam derajat)
1 Januari
23.02° LS
1 Februari
17.18° LS
1 Maret
07.72° LS
21 Maret
1 April
04.40° LU
1 Mei
14.97° LU
1 Juni
22.00° LU
21 Juni
23.50° LU
1 Juli
23.12° LU
1 Agustus
18.10° LU
1 September
08.40° LU
21 September
1 Oktober
03.03° LS
1 November
14.30° LS
1 Desember
21.73° LS
22 Desember
23.50° LS

2.      Awan bukan benda langit.Awan adalah kumpulan uap air yang berasal dari bumi.Awan ada yang berwarna putih ada juga yang berwarna hitam.

·        Pada saat kita mengamati langit pada malam hari. Dilangit ada berbagai benda langit Malam hari langit gelap Dilangit terlihat bulan dan bintang.Benda langit yang terlihat pada malam hari:

1        Bulan adalah benda langit.Ada beberapa fase bulan pada saat malam hari:

(a)    Bulan purnama adalah keadaan ketika Bulan nampak bulat sempurna dari Bumi. Pada saat itu, Bumi terletak hampir segaris di antara Matahari dan Bulan, sehingga seluruh permukaan Bulan yang diterangi Matahari terlihat jelas dari arah Bumi,biasanya terjadi di hari ke 14 dan 15 dalam kalender lunar
(b)   Bulan mati, yaitu saat Bulan terletak pada hampir segaris di antara Matahari dan Bumi, sehingga yang 'terlihat' dari Bumi adalah sisi belakang Bulan yang gelap, alias tidak nampak apa-apa.
(c)    Di antara kedua waktu itu terdapat keadaan bulan separuh dan bulan sabit, yakni pada saat posisi Bulan terhadap Bumi membentuk sudut tertentu terhadap garis Bumi - Matahari. Pada saat itu, hanya sebagian permukaan Bulan yang disinari Matahari yang terlihat dari Bumi

2        Bintang adalah benda langit Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya. Terdapat bintang semu dan bintang nyata. Bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain. Bintang nyata adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri. Secara umum sebutan bintang adalah objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri (bintang nyata).


{ 0 komentar... Views All / Kirimkan Komentar! }

Posting Komentar

Silahkan berkomentar.Bergabung dengan Ngiseng Community