Kampanye Pelestarian Terumbu Karang untuk Kesejahteraan Masyarakat

Bookmark and Share
Terumbu Karang merupakan salah satu komponen utama sumber daya pesisir dan laut utama.Terumbu karang Merupakan kumpulan fauna laut yang berkumpul menjadi satu membentuk terumbu. Struktur tubuh karang banyak terdiri atas kalsium dan karbon.Hewan ini hidup dengan memakan berbagai mikroorganisme yang hidup melayang di kolom perairan laut.Terumbu karang adalah struktur hidup yang terbesar dan tertua di dunia.Untuk sampai ke kondisi yang sekarang, terumbu karang membutuhkan waktu berjuta tahun.Tergantung dari jenis, dan kondisi perairannya, terumbu karang umumnya hanya tumbuh beberapa millimeter saja per tahunnya. Yang ada di perairan Indonesia saja saat ini paling tidak mulai terbentuk sejak 450 juta tahun silam. Terumbu Karang menjadi rumah bagi ribuan spesies makhluk hidup. Jika rumahnya saja dalam kondisi tidak baik atau bahkan hancur, bisa dibayangkan berapa banyak makhluk hidup yang terancam punah.

Terumbu karang mengandung berbagai manfaat yang sangat besar dan beragam, baik secara ekologi maupun ekonomi. Adapun manfaat dari terumbu karang adalah sumber makanan dengan protein tinggi, sumber bahan obat-obatan, sumber bahan bangunan, sumber penghasilan: berupa hasil tangkapan seperti ikan, udang dan agar-agar; usaha pariwisata seperti menyelam dan memancing, melindungi pantai dari hempasan ombak dan arus.

Apa yang telah dilakukan manusia terhadap ekosistem terumbu karang?

menggunakan alat-alat tangkapan yang merusak seperti bom, dan potas sehingga terjadi:
tangkapan yang berlebihan (over fishing), terumbu karang hancur dan mati, ikan-ikan kecil yang tidak menjadi sasaran tangkapan ikut mati, menjadi terbuang sia-sia. membangun terlalu dekat dengan garis pantai, dan menguruk pantai menjadi lahan untuk pembangunan sehingga terjadi pelumpuran, mencemari terumbu karang dengan sampah, tumpahan minyak, buangan industri dan sisa-sisa pestisida dan insektisida untuk pertanian, melempar jangkar dan berjalan-jalan di atas terumbu karang, penebangan hutan dan pohon-pohon di sepanjang aliran sungai yang menyebabkan pelumpuran, pengambilan karang berlebihan untuk diperdagangkan, penambangan karang berlebihan untuk pembuatan kapur, bahan bangunan dan fondasi jalan

Melihat betapa pentingnya keadaan terumbu karang bagi kehidupan manusia dan apa yang telah dilakukan manusia terhadap ekosistem terumbu karang maka diperlukan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap konservasi lingkungan hidup terutama lingkungan hidup kelautan dan sumber daya kelautan.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap ekosistem terumbu karang maka diperlukan kampanye pelestarian terumbu karang demi terciptanya kesejahteraan masyarakat, antara lain dengan cara melakukan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat daerah pesisir pantai yang memiliki potensi terumbu karang yang baik terhadap pentingnya manfaat terumbu karang dan bagaimana cara merawat dan melestarikan terumbu karang dengan baik.

{ 0 komentar... Views All / Kirimkan Komentar! }

Posting Komentar

Silahkan berkomentar.Bergabung dengan Ngiseng Community