Membuat game. Hmm, siapa sih yang tidak penasaran cara membuat permainan yang
mampu membius manusia segala umur ini? Apakah Anda juga penasaran? Nah, kali ini saya akan
memberikan artikel tentang cara membuat game sederhana menggunakan RPG MAKER 2003.
Artikel ini dibuat dengan maksud memberikan sedikit nilai tambah bagi Anda supaya gamer
Indonesia tidak cuma bisa main saja, namun juga berkreasi membuat game seperti game yang
biasanya mereka mainkan. postingan ini tidak panjang, namun saya usahakan sebisa mungkin untuk
mudah dimengerti segala umur, juga mudah untuk diaplikasikan langsung. Nah, mari kita mulai
dari awal
Pertama, Desain.
Yang harus Anda lakukan pertama kali untuk membuat game adalah membuat desainnya.
Sebenarnya tidak cuma membuat game saja, membuat software, komik, cerita, buku, majalah,
rumah, bangunan atau apapun juga dibutuhkan desain atau perencanaan. Tanpa desain yang baik
kita akan kesulitan membuat suatu hasil yang bagus.
Kali ini kita hanya akan membuat game sederhana. Nah, desain game sederhana bisa dibuat
seperti ini:
Judul Game: Civillian Ranger
Genre Game: RPG (Role Playing Game)
Software Pembuat: RPG MAKER 2003
Karakter: Anas sebagai karakter utama
Musuh: Monster Tengkorak pada plains 1, dan monster gel pada plains 2
Lingkungan: Dataran rendah dengan lantai/terrain rumput.
Equipment selama bermain: Pedang dan potion
Level karakter maksimal: 2
Jalan cerita: Seorang pemuda bernama Anas melakukan perjalanan ke sebuah desa. Tiba di
sana, dia ditantang oleh monster-monster untuk bertarung. Dia hanya boleh lewat jika telah
mengalahkan mereka. Dan bila Anas berhasil, dia bisa membawa pergi hadiah berupa
potion.
3
Kedua: Menerapkan Desain-Membuat Game
Membuat Map: Terrain/Lapangan
Bukalah RPG Maker 2003. Mulailah berkenalan dengan interface-nya. Sebenarnya cukup
sederhana, Anda tentu bisa langsung menggunakannya bukan? Nah kita mulai dengan
membuat environtment-nya dulu. Lihat pada menubar di bagian atas. Pilih Project> New
Project untuk membuat sebuah proyek baru. Kemudian berilah nama proyek Anda ini,
sekaligus nama gamenya dan di direktori mana akan disimpan. Klik OK untuk mengakhiri.
Dan kalau RPG MAKER Anda masih baru, tentu secara default box desain sebelah kanan
tampak berwarna biru. Itu adalah elemen map (mari kita sebut item) laut/perairan. Untuk
membuat game dengan desain tadi, kita ganti item lingkungannya dengan rumput. Pilih
tool bergambar ember kemudian pilih tekstur rumput pada box sebelah kiri. Klik pada kotak
desain untuk memperoleh satu box penuh lingkungan berumput. Sampai di sini kita
mengerti bahwa caranya hanya pilih tool, kemudian item, lalu sapukan ke desain box.
Membuat Map 2: Membuat Jalan
Kemudian kita akan mulai membuat lingkungan petualangannya. Ganti tool dengan icon
pensil (Place Map Elements Freehand). Lalu pilih tekstur bata, dan sapukan di design box
sesuai dengan bentuk di desain Anda tadi. Tidak perlu 100% sama, cukup mirip saja. Kalau
sudah, lihat hasilnya secara keseluruhan melalui 4 tombol zoom kecil di atas. Pilih ½ untuk
melihat lebih tinggi, dan berlaku sama untuk tombol lain. Apakah Anda sudah mulai
tersenyum? Oke, Anda telah berhasil membuat jalan untuk karakter Anda. Kini kita isi
lingkungan dengan item lain yang ada pada desain.
Membuat Map 3: Menambahkan Item Pelengkap (Pohon)
Kita tambahkan beberapa pohon untuk map. Masih dengan tool Freehand, pilih item pohon
kecil untuk ditempatkan. Lalu letakkanlah di tempat yang sesuai pada map desain Anda.
Bisa juga Anda berimprovisasi dengan meletakkan secara acak atau divariasi dengan yang
lain. Sah-sah saja kok.
Menambahkan Party/Karakter
Sudah selesai. Tapi kok masih ada yang kurang yah? Oh, iya karakter kita masih belum
ditempatkan. Bagaimana caranya? Caranya agak berbeda, yaitu silakan lihat 3 tombol ajaib
di atas yang bernama Edit the lower tile layer, edit the upper tile layer, dan edit the event
layer. Klik event layer, arahkan pointer ke tempat dimana karakter Anda akan memulai dan
klik kanan di situ. Perhatikan pilihan yang muncul. Aneh-aneh bukan? Nanti saja kita bahas,
pilihlah “place party starting position”. Hal ini akan memunculkan icon kotak biru kecil
sebagai wakil dari karakter kita (party). Party ini secara default berisi beberapa karakter,
5 Membuat Game RPG Sederhana Dengan RPG MAKER 2003 http://restava.wordpress.com
23/10/08 23:36:05 By: RESTAVA
biasanya 14. Karena di sini kita hanya akan membuat game sederhana, mari kita perkecil
jumlah party mejadi 1 saja.
Database, Sebuah Perkenalan: Mengganti Jumlah Anggota Party
Apa itu database? Database di RPG MAKER 2003 ialah pusat pengaturan apa saja yang ada
dan berjalan dalam game kita nantinya. Di sini kita bisa mengatur wajah karakter kita, level
maksimalnya, equipment apa saja yang akan ditambahkan, dan banyak lagi.
Di sini kita akan mengatur jumlah party kita. Masuk dari tombol open the database di atastengah
(F8). Lalu masuklah ke tab Hero. Silakan lihat dan akrabilah, Anda akan segera mahir
menggunakannya jika Anda rajin mempelajarinya (juga harus mahir bahasa Inggris, nah,
terbukti kan kalau belajar bahasa Inggris itu penting ;) ). Nah, di box sebelah kiri ada daftar
para prajurit yang tergabung dalam party kita. Kita pakai salah satu saja, karena itu buang
yang tidak perlu. Klik pada tombol Array Size di bawahnya, lalu atur ke 1 pada combo box
Array Size. Jika diminta konfirmasi, pilih saja OK. Ini akan membuat jumlah anggota dalam
party menjadi hanya sejumlah yang kita tentukan. Kemudian klik tombol “Apply” di bawah
jendela Database untuk menjalankan langsung desain Anda tanpa menutup Database. Oke,
sampai di sini Anda mulai mengerti caranya? Cukup mudah bukan? Kini kita beranjak ke
sub-bab selanjutnya, yaitu mengubah setting karakter.
Database, Sebuah Perkenalan: Mengubah Setting Karakter 1
Dalam subbab ini hanya saya paparkan cara mengganti Nama Karakter, Gambar Wajah,
Level Min-Max, dan animasi sprite saja. Jangan terburu-buru, kebanyakan kita pasti ingin
rasanya langsung menguasai semua yang ada pada database. Tapi kita masih dalam tahap
belajar, jadi jangan terlalu bernafsu dulu yah :DPerhatikan, penggantian yang Anda lakukan akan berpengaruh pada nama anggota party di
sebelah kiri. Di situlah salah satu letak kelebihan software ini. Kita sama sekali tidak
dipusingkan untuk membuat kode, hanya perlu memikirkan isinya saja.
Atur Level Min-Max: Kita ganti level min dan max karakter kita. Lihat pada Combo box Min.
Level. Set ke “1”. Lalu lihat combo box bawahnya, isikan sesuai dengan desain kita diatas,
yaitu “2”. Nanti jika Anda sudah mahir, bisa saja berksperimen dengan level max yang lebih
tinggi lagi.
Ganti Gambar Wajah Karakter : Perhatikan wilayah Character Graphic. Klik pada gambar
karakter kita itu, lalu pilihlah yang sesuai dengan kehendak Anda. Atau klik tombol “Set”
dan pilihlah. Saran saya biarkan saja default, karena nanti kalau diganti-ganti malah repot
mengaturnya.
Ganti Animasi Sprite: Anda ingin game yang statis? Tentunya Anda ingin membuat game
yang memiliki karakter yang bisa bergerak kesana kemari untuk menjalankan misi. Nah,
karena itu mari kita pilih animasi yang sesuai untuk karakter kita supaya bisa bergerak.
Karena tadi kita sudah mengganti wajahnya, pilihlah animasi yang sesuai dengan wajah
karakter kita itu. Jangan sampai wajahnya serigala tapi animasinya cewek cakep :)
Cukup klik pada tombol “Set” di kotak Sprite. Pilihlah yang sesuai, karena natinya sprite
akan digunakan selama bermain (berjalan di lapangan) dan Face digunakan untuk penanda
bila nanti cerita dalam desain Anda dipresentasikan dalam bentuk percakapan. “Apa?
Percakapan? Bisa dibuat gitu?” pertanyaan seperti itu mungkin saja muncul, dan jawabnya
adalah bisa. Tapi nanti saja kita bahas yang satu ini karena kita kan beranjak ke
menempatkan musuh kita nanti.
Bermain Event 1: Menambahkan Musuh ke Dalam Game
Tanpa saingan, hidup di dunia ini takkan seru. Begitu halnya dengan game, tanpa musuh
kita tentu merasa garing. Nah, maka dari itu mari kita tempatkan musuh kita dalam map.
Masih pada layer event, klik kanan pada tempat yang telah ditentukan lalu pilih “New
Event”. Ini akan membuka sebuah jendela baru bernama Event Editor dimana kita bisa
mengisi dan megatur event-event dalam game kita. Lalu pada kotak sebelah kanan klik
kanan dan pilih “Insert”. Atau bisa juga memakai Enter. Kemudian akan muncul jendela lagi
berjudul “Event Commands”. Silakan Anda perhatikan dengan seksama. Apa saja yang ada
di dalamnya? Inilah events atau kejadian yang bisa berlaku pada karakter kita dalam game.
Sama seperti game lain yang pernah Anda mainkan, kejadian dalam game-nya juga diatur
seperti ini. Perhatikan ada 4 tab di situ, dan dalam masing-masing tab ada bermacammacam
event yang akan membuat bingung jika kita tidak mengerti bahasa Inggris. (Nah,
pelajarilah sambil membuka-buka kamus :) ) Tidak masalah berapa lama kita belajar, yang
penting hasilnya berguna tidak hanya dalam game development saja, namun juga dalam
kehidupan sehari-hari.
7Oke, karena kita akan membuat musuh berupa Tengkorak di Plains 1, mari mulai dari tab 2.
Pilihlah “Enemy Encounter” , dan lihat akan ada jendela baru yang terbuka. Jendela Enemy
Encounter akan memberikan pilihan apa-apa saja yang bisa terjadi ketika event ini terjadi.
Di situ lihat pada Special Battle Conditions. Ada beberapa pilihan seperti “No Special
Conditions”, “Initiative”, “Surround Attack”, “Back Attack”, dan “Pincers Attack”. Di sini
cukup Anda pilih No Special Conditions saja, karena yang lainnya bisa dipelajari sambil jalan.
Monster Group, karena kita akan memberikan kelompok musuh “Plains 1” di sini pilihlah
Plains 1. Artinya kelompok musuh yang kita pilih adalah yang benama Plains 1 dengan
monster monster yang telah ditetapkan oleh Database . Kita bisa mengganti jenis/spesies
monsternya nanti. Jangan berpikir rumit dahulu, lakukan saja dan semua akan Anda ketahui
sambil jalan.
Pilihan Escape Handler, Defeat Handler, dan Option biarkan saja behitu. Disallow Escape
maksudnya kita tidak diperbolehkan kabur dari pertarungan ketika melawan musuh. Terus
Defeat Handler=> Game Over maksudnya kalau kita kalah, engine akan langsung memanggil
image Game Over yang menandakan permainan usai. Mirip dengan game yang pernah Anda
mainkan, kalau kalah pasti kan game over? Nah kalau yang “Begin Battle with First Srike
without Affecting Enemy Disposition” saya masih belum mengerti kegunaannya apa jadi
Anda cari sendiri yah :)Kalau sudah tinggal klik “OK” saja. Kita kembali ke sebelumnya. Masih di jendela “Event
Editor”, kita beri konfigurasi akhir. Dalam RPG MAKER, event Enemy Encounter
direpresentasikan sebagai karakter. Maksudnya monster-monster lawan yang akan
bertarung dengan kita diwujudkan dalam 1 karakter saja, bukan semua monster akan
kelihatan (diwakilkan). Nah, kali ini kita akan menentukan “Si Wakil” ini. Baik tampilan
maupun jeroannya.
Lihat ke sebelah kiri bawah Event Editor, ada sebuah kotak kecil yang defaultnya memakai
warna merah muda. Ini adalah Event Graphic. Di situlah kita akan menentukan rupa “Si
Wakil” ini. Klik pada tombol “Set”, dan pilihlah bentuk yang sesuai dengan event yang telah
ditentukan. Nah, karena kita tadi menentukan event musuh berupa Tengkorak, jadi kita
pilih Wakil yang berupa tengkorak.
Setelah itu, di bawah Event Graphic ada pilihan Movement Type. Di sini kita akan
menentukan pergerakan karakter “Tengkorak” ini. Berikut sedikit definisi sederhana
mengenai pilihan yang ada:
● Stationary: Karakter tidak bergerak sama sekali
● Random: Karakter bergerak secara acak
● Vertical: Karakter hanya bergerak secara vertikal
● Horizontal: Karakter hanya bergerak secara horizontal
● Toward Hero: Karakter akan bergerak mengarah/mendekat ke Hero kita
● Away Hero: Karakter akan bergerak menjauhi Hero kita
● Custom Pattern: Dengan pilihan ini kita bisa membuat arah gerak/jalur sendiri untuk
karakter ini dengan bebas menurut kemauan kita. Kita bisa membuat jalur/path
khusus semau kita sebebas mungkin, seperti berputar putar tidak karuan, jalan
kanan kiri, ganti wajah, putar BGM, dan bukan cuma sebatas jalur saja tapi juga
9 Membuat Game RPG Sederhana Dengan RPG MAKER 2003 http://restava.wordpress.com
23/10/08 23:36:05 By: RESTAVA
urutan event baru lagi untuk ini. Untuk yang satu ini tidak saya bahas, karena cukup
dengan Toward Hero saja. Dan kalau mau Anda silakan belajar sendiri Custom
Pattern ini, atau di tutorial saya selanjutnya (yah...doakan saja saya bisa
menyelesaikannya ;) )
Kita cukup memakai “Toward Hero” untuk game kali ini. Kita akan membuat “Si Tengkorak”
bergerak mendekati Hero kita si Bejo. Kemudian harus ditentukan kecepatan pergerakan si
Tengkorak. Di situ ada pilihan Speed yang bisa diganti. Pilihannya mulai dari 1 sampai 8. 1
paling lambat dan 8 paling cepat. Silakan pilih sendiri mana yang paling dikehendaki, tapi di
sini saya contohkan 4 saja.
Kemudian mari tentukan tipe animasi karakternya. Pada “Animation Type” ada beberapa
pilihan. Nah, untuk memudahkan ini sedikit definisinya:
● Non-Continous: Sama sekali tidak bergerak.
● Continous: Bergerak, berkesinambungan (animasi sesungguhnya)
● Fixed Dir/Non Continous: Gerakan ditetapkan, tapi tidak berkelanjutan (statis)
● Fixed Dir/Continous: Gerakan ditetapkan, tapi berkelanjutan (dinamis)
● Fixed Graphic: Gambarnya tetap, enggak berubah-ubah
● Spin Around: muter doang
Di sini kita pilih Continous, jangan pikirkan yang lain. Nanti Anda akan semakin terbiasa
memakainya, dan akhirnya mengerti deh semuanya. Sekalian Anda tentukan Movement
Frequency, yatu frekuensi gerakannya. Pilihannya mulai dari One-Eight Normal (1/8
normal) sampai Four Times Normal (empat kali normal). Pilih saja “Normal” karena
ewnggak perlu pusing mikir yang lain.
Sekarang kita tentukan Trigger Condition, yaitu keadaan yang dapat memicu event ini
terjadi. Di sini terdapat beberapa pilihan, diantaranya:
● Action Keys: Berarti untuk memanggil event ini, harus dengan menekan tombol
khusus (defaultnya spacebar)
● Touched By Hero: Berarti event ini akan berjalan kalau si “Tengkorak” disentuh oleh
Hero
● Collision By Hero: Berarti event ini akan berjalan kalau si wakil bertubrukan dengan
Hero, sama dengan Touched.
● Auto-Start: Event akan langsung berjalan begitu kita mulai bermain
● Parallel Process: Event akan langsung berjalan begitu kita mendekat ke wakil
Apakah rumit? Tentu tidak jika kita sering mencoba. Dan pilih saja “Touched by Hero”
karena kita akan langsung bertarung jika kita menyentuh “Si Tengkorak”.
Terakhir tentukan di layer mana event ini akan ditempatkan. Pilih saja “same layer as hero”
karena kita akan membuat event “Tengkorak” ini bertemu dengan Hero kita. Karena jika
berbeda layer, keduanya tidak akan bisa saling menyentuh.
Mengerti kan? Menambahkan musuh sebetulnya hanyalah menambahkan sebuah event.
Event-lah yang berperan mengatur semua kejadian dalam game. Event inilah yang berbedabeda,
ada yang memunculkan dialog, wajah, game over, teleport, dan lain lain termasuk
musuh itu tadi. Ini yang membuat kita sering tidak sadar kalau apa yang kita buat di sini
ternyata hanya sebatas kumpulan event saja. Cara kerjanya cukup sederhana kok, hanya
masuk event layer, buat event baru, pilih event-nya dan konfigurasikan, selesai deh!
Di luar wakil, kita harus menambahkan satu event command lagi, yaitu Erase Command.
Tambahkan event ini dari tab ketiga jendela Event Command. Fungsinya adalah menghapus
10 Membuat Game RPG Sederhana Dengan RPG MAKER 2003 http://restava.wordpress.com
23/10/08 23:36:05 By: RESTAVA
event sebelumnya. Sebenarnya setelah kita kalahkan musuh, wakilnya tidak akan hilang
kecuali kita tambahkan event ini. Tentunya tidak ingin dong game ini telihat ganjil karena
musuh masih ada meskipun sudah dikalahkan? Sehabis itu langsung klik “OK”Dengan begini
saya anggap menambahkan musuh sudah setengah selesai. Lho? Kenapa setengah selesai?
Ya, karena kita masih harus menentukan anggota monster yang akan kita lawan dengan
menggunakan Database.Menggunakan Database 1: Mengatur Atribut Monster
Masuklah ke tab Monster. Di situ ada banyak pilihan monster yang bisa kita pilih sesuai
dengan desain kita. Defaultnya, monster pertama yang terlihat di jenfdela itu adalah
Ariman. Karena musuh pertama kita nanti adalah Tengkorak, maka kita pilih Skeleton. Scroll
ke bawah sampai ketemu. Setelah itu, lihatlah ke bagian kanan jendela. Di situ tercantum
semua properties dari tiap monster yang kita pilih. Mari kita pelajari satu per satu.
Name: Menunjukkan nama dari karakter monster
Base Statistics
Base Statistics-Max HP: Ini combo box yang menunjukkan ukuran kekuatan Hit point
monster
Base Statistics-Attack: Ini combo box yang menunjukkan seberapa besar Attack monster
Base Statistics-Intellect: Menunjukkan seberapa cerdas si monster. Semakin besar nilainya
akan semakin cerdas.
Base Statistics-Max MP: Menunjukkan ukuran Mana Point monster. MP adalah suatu sistem
pembayaran atas skill/sihir tertentu yang digunakan oleh suatu
karakter. Jika suatu karakter men-summon skill/sihir maka jumlah
MP akan berkurang. Konsekuensinya player akan berpikir dulu
sebelum melakukan sihir/skill.
Base Statistics-Defense: Menunjukkan nilai pertahanan monster.
Base Statistics-Agility: Menunjukkan seberapa besar kemampuan monster untuk mengelak
dari serangan Hero. Jika terjadi pengelakan, (secara default) pesan
“MISS” akan muncul.
Monster Graphic: Ilustrasi dari si monster yang kita pilih.
Spoils (Barang Rampasan)
Spoils-Experience: Ukuran experience yang akan Hero dapat jika mengalahkan monster.
Money: Uang yang didapat jika mengalahkan monster
Item: Item yang diperoleh jika mengalahkan monster.
Khusus untuk Attribute Resist, Condition Resist, dan Behavior silakan Anda pelajari sendiri
sambil coba-coba latihan.
Kembali ke masalah desain. Menentukan properties untuk Tengkorak ini tidak perlu terlalu
rumit. Cukup biarkan saja atribut Base Statistics default apa adanya, atau ikuti aturan saya
di gambar bawah. Tak masalah berapapun, hanya saja jangan terlalu besar nilainya karena
akan semakin sulit dikalahkan. Jangan berpikir rumit dulu, buat sederhana saja. Nanti pada
saat pengetesan game supaya bisa berjalan lancar. Boleh juga Anda ganti nama monster ini
sesuka hati. Saya sih menamainya Tengkorak Paijo.
11 Membuat Game RPG Sederhana Dengan RPG MAKER 2003 http://restava.wordpress.com
23/10/08 23:36:05 By: RESTAVA
Pada frame Spoils, belajar seperti yang dilakukan developer game profesional dapat
dilakukan di sini. Kita dapat memberikan hadiah pada Hero jika berhasil mengalahkan
monster. Tentunya Anda pernah memainkan game tipikal ini kan? Nah, pada bagian
Experience dan Money biarkan saja begitu karena kita tidak memerlukan atribut terlalu
rumit dulu di sini. Khusus buat Item, pilihlah Potion karena kita merencanakan hadiah
Potion pada desain kita. Di bawahnya ada combo box yang berlabel “Probability” yang
bermaksud persentase kemungkinan item ini di-drop oleh si monster ketika kita kalahkan.
Semakin besar persentase semakin besar pula kemungkinannya. Biarkan default.
Opsi lainnya tidak usah dipikir dulu. Cukup ini saja yang kita pakai. Lalu kemudian apa lagi
yah? Rasanya kurang lengkap. Oh, iya. Monster group nya belum. Nah, mari kita beranjak ke
bagian selanjutnya.
Menggunakan Database 2: Mengatur Atribut Monster Groups
Setelah menentukan atribut Monster, kita harus men-setting atribut untuk Groups-nya.
Kenapa monster group harus di-setting juga? Ini karena game kita nanti berbentuk seperti
Final Fantasy. Kita lihat saja nanti, dan mari lanjutkan.
Masuk ke tab M. Groups lalu perhatikan tampilannya. Di situ ada bermacam option yang
bisa kita ubah sekehendak kita.
Pada kotak sebelah kiri ada daftar groups yang disediakan developer untuk kita. Terus di
sebelah kanan ada banyak opsi lagi. Sebagian besar mirip dengan opsi pada Tab Monster,
tapi masih ada bedanya. Pada kotak preview Groups, kita bisa menggeser karakter musuh di
tempat yang sesuai kemauan kita. Nah, di sebelah kanannya ada box yang berisi daftar
monster yang bisa ditambahkan ke dalam groups kita. Melalui klik pada monster yang
dimau, lalu klik Add kita bisa menambahkannya. Lalu klik pada monster di kotak preview
12 Membuat Game RPG Sederhana Dengan RPG MAKER 2003 http://restava.wordpress.com
23/10/08 23:36:05 By: RESTAVA
dan klik Remove untuk menghilangkan satu monster dari groups. Pada frame Alignment,
Manual untuk men-setting letak monster semau kita, dan Automatic untuk disusun secara
otomatis. Khusus frame Battle Event kita biarkan saja untuk pengetahuan yang lebih lanjut.
Kali ini kita akan memberikan Groups Plains 1 yang beranggotakan Tengkorak Paijo pada
game kita. Caranya adalah :
1. Pilih groups Plains 1,
2. Pilih Remove All untuk menghapus semua monster default,
3. Dan ganti dengan Add monster Tengkorak Paijo dari daftar monster
Jangan terlalu banyak memberikan musuh, cukup 3 ekor saja. Lalu Anda lihat perubahan
yang terjadi. Groups plains 1 menjadi beranggotakan Tengkorak Paijo, bukannya moster
Sylph dan Slime default. Dan ini akan berlaku permanen pada project kita ini. Namun
bagusnya kita masih bisa mengubah setting tadi sekehendak hati.
Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah mengganti backgrund. Apakah Anda merasa
background default kurang cocok dengan image Tengkorak? Kalau ya, mari ganti
backgroundnya dengan cara:
1. Klik tombol Change BG
2. Akan muncul jendela baru, pilih “Wasteland” untuk memberi kesan seram.
3. Klik “OK”.
Apakah ini mengubah semua setting groups yang ada? Tidak masalah apa yang terjadi. Mari
kita lanjutkan.
Bermain Event 2: Menambahkan Monster Kedua
Sampailah kita di penghujung Monster. Caranya sama seperti langkah sebelumnya, tapi ada
sedikit perbedaan:
1. Masukkan “Plains 2” pada pilihan Monster Groups-nya Enemy Encounter
2. Kemudian atur atribut Monster “Slim” pada Tab Monster-nya database sama
dengan milik Tengkorak Paijo
3. Berikan pilihan Spoils-Item-nya Sword.
4. Pada Event editor, selain beri Monster Plains 2, beri event Game Over dan Return To
Title Screen.
Selamat!!! Anda telah berhasil membuat sebuah game sederhana untuk pertama kalinya!!!
Cobalah hasil jerih payah Anda ini dengan tombol Test Your Game (F9), dan berikan
komentar Anda. Apakah masih kurang bagus? Atau Anda puas karena bisa membuat game
walaupun masih sederhana? Tidak masalah apapun kesan yang muncul. Kita masih pemula,
jadi belajar saja dengan perlahan namun pasti. Kita telah mengetahui dasar-dasar pokok
pembuatan game (khususnya untuk RPG MAKER 2003). Selanjutnya kita akan belajar lebih
mendalam tentang penggunaan Database, Import gambar atau musik sendiri, memberikan
event yang lebih menantang, menggunakan fasilitas teleport, bermain dengan Map
Configuration, memberikan monster lebih banyak, memperbesar luas map, memberikan
dialog untuk NPC, musuh, atau karakter kita, menggunakan BGM secara intensif,
mempublikasikan game kita, beriklan pada teman-teman, dan masih sangat banyak hal lain
Home » Dunia Komputer Teknologi » Cara Membuat game dengan RPG maker 2003
{ 1 komentar... Views All / Postkan Komentar! }
Saya titip lapak ya, Sobat? Saya bukan pengguna Windows tapi niat bicara Windows seperti dulu.
http://bukanpenggunawindows.blogspot.com/
Itu blog saya yang bicara mengenai belajar komputer untuk orang awam (berseri), membasmi virus tanpa antivirus (berseri), dan mengembalikan data yang terhapus. Blog saya juga bicara mengenai aplikasi gratisan seperti Kingsoft Office (calon pengganti Microsoft Office). Semoga bermanfaat.
nb: saya restava :)
Posting Komentar
Silahkan berkomentar.Bergabung dengan Ngiseng Community