MAKALAH TENTANG BIOMA GURUN, BIOMA TUNDRA, DAN BIOMA TAIGA

Bookmark and Share

Bab 1



Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Ekosistem sebagai salah satu ciptaan Tuhan, dimana terdapat berbagai kumpulan mahluk hidup yang saling berinteraksi dengan mahluk lainya maupun bukan mahluk hidup. Ekosistem sendiri memberikan suatu keindahan dan juga tidak luput dari kegunaanya. Ekosistem sangatlah penting bagi kehidupan manusia, contohnya saja Hutan. Jika tidak ada hutan lantas bagaimana kita Mendapatkan kayu? Mendapatkan sumber daya? Terlindung dari banjir maupun longsor? Oleh karena itu sebagai manusia baik kita harus menjaga keutuhan ekosistem baik yang ada di darat,laut,maupun udara misalnya.
Sebagai manusia yang baik tentulah kita ingin melakukan hal itu bukan? Maka dari itu sebelum kita menjaga keutuhan ekosistem sebaiknya kita tahu komponen komponen ekosistem itu sendiri. Dalam makalah ini kami akan berusaha menerangkan tentang komponen komponen ekosistem tersebut diantaranya yaitu tentang Bioma Gurun, Bioma Tundra, dan Bioma Taiga. Kami yakin dari sekian ratus juta penduduk Indonesia tak sedikit yang belum mengerti tentang itu dan semoga dapat dijadikan motivasi untuk menjaga keutuhan ekosistem di Bumi tidak hanya di Indonesia.





1.2 Tujuan

·         Kami membuat makalah ini yang pertama untuk melengkapi tugas geografi tentang pembuatan makalah bioma Gurun,Tundra,Taiga.
·         Sebagai bahan introspeksi diri supaya kita semua yang membaca makalah ini sadar akan pentingya ekosistem.
·         Menambah wawasan pengetahuan kami maupun pembaca makalah ini.
·         Sebagai ajang latihan menyusun makalah.



Bab 2



Isi Materi


Bioma Gurun merupakan bioma yang di dominasi oleh batu/pasir dengan tumbuhan sangat jarang. Bioma ini paling luas terpust di sekitar 20 derajat LU, mulai dari Pantai Atlantik di Afrika hingga ke Asia Tengah. Sepanjang daerah itu terdapat kompleks gurun Sahara, gurun Arab dan gurun Gobi dengan luas mencapai 10 juta km persegi.
gurun-02
Bioma gurun memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Curah hujan sangat rendah, <250 mm/tahun dengan intensitas panas matahari sangat tinggi.
  2. Tingkat penguapan (evaporasi) lebih tinggi dari curah hujan.
  3. Air tanah cenderung asin karena larutan garam dalam tanah tidak cenderung berpindah baik karena pencucian oleh air maupun drainase
  4. Tumbuhan yang hidup di daerah gurun umumnya tumbuhan yang mempunyai daun yang kecil seperti duri dan berakar panjang.
  • Daun yang kecil berfungsi untuk mengurangi penguapan
  • Akar panjang berfungsi untuk mengambil air dari tempat yang dalam dan kemudian disimpan dalam jaringan spons.
Jenis tumbuhan yang hidup di daerah Gurun contohnya :



Kaktus

Kaktus


Kurma

Kurma




Bioma tundra merupakan bioma yang terdapat di daerah lingkar kutub utara dan selatan. Pada bioma ini tidak terdapat pepohonan yang dapat tumbuh, yang ada hanya tumbuhan kecil sejenis rumput dan lumut. Bioma ini terdapat di sekitar lingkar Artik, Greenland di wilayah kutub utara. Di wilayah kutub selatan terdapat di Antartika dan pulau-pulau kecil disekitar Antartika. Bioma tundra berdasarkan pembagian iklim terdapat di daerah beriklim es abadi (EF) dan iklim Tundra (ET).
Bioma Tundra
Bioma Tundra
Ciri-ciri bioma tundra :
  1. Hampir semua wilayahnya tertutup oleh salju/es.
  2. Memiliki musim dingin yang panjang dan gelap serta musim panas yang panjang dan terang. Peristiwa ini terjadi karena gerak semu matahari hanya sampai di posisi 23,5° LU/LS.
  3. Usia tumbuh tanaman sangat pendek, berkisar antara 30 – 120 hari (1 – 4 bulan)
Jenis-jenis vegetasi yang dapat hidup di bioma tundra misalnya lumut kerak, rumput teki, tumbuhan terna, dan semak-semak pendek.
  • Pada daerah yang berawa jenis vegetasi yang ada misalnya rumput teki, rumput kapas dan gundukan gambut (hillock tundra).
  • Di cekungan yang basah seperti di Greenland terdapat semak salik dan bentula.
  • Di tempat yang agak kering ditumbuhi lumut, teki-tekian, ericeceae, dan beberapa tumbuhan yang berdaun agak lebar.
  • Di lereng-lereng batu terdapat kerak, lumut dan alga.
Alga, kerak, rumput teki, rumput kapas, terna dan ericcaceae
Searah jarum jam : Alga, kerak, rumput teki, rumput kapas, terna dan ericcaceae
Karena memiliki iklim es abadi dan iklim tundra, maka wilayah bioma tundra selalu bersuhu dingin sehingga fauna yang terdapat di wilayah ini memiliki bulu dan lapisan lemak yang tebal untuk tetap membuat tubuhnya hangat. Contoh fauna di bioma tundra misalnya rus, rubah, kelinci salju, hewan-hewan pengerat, hantu elang, dan beruang kutub.
Burung Hantu - Burung Elang dan Beruang Kutub
Burung Hantu - Burung Elang dan Beruang Kutub
Jenis-jenis burung yang hidup di bioma tundra misalnya : itik, angsa, burung elang dan burung hantu. Mamalia darat berkaki empat yang berbulu tebal dan besar misalnya Muskox.
Muskox - mamalia darat berbulu lebat di bioma Tundra
Muskox - mamalia darat berbulu lebat di bioma Tundra
Selain beberapa jenis di atas, bioma tundra juga mempunyai fauna khas yang lain misalnya penguin. Fauna khas yang hidup di air misalnya paus Beluga (paus putih) dan paus Narwhal (paus bertanduk).
Narwhal - Penguin - Paus Beluga
Narwhal - Penguin - Paus Beluga




Bioma Taiga banyak ditemukan di belahan bumi utara, misalnya di wilayah negara Rusia dan Kanada. Bioma Taiga merupakan bioma terluas dari bioma-boma lain yang ada di bumi.
Bioma Taiga (Coniferus)
Ciri-ciri bioma taiga :
  1. Mempunyai musim dingin yang cukup panjang dan musim kemarau yang panas dan sangat singkat
  2. Selama musim dingin, air tanah berubah menjadi es dan mencapai 2 meter di bawah permukaan tanah
  3. Jenis tumbuhan yang hidup sangat sedikit, biasanya hanya terdiri dari dua atau tiga jenis tumbuhan.
Pohon-pohon utama yang tumbuh di daerah ini adalah jenis konifer, sehingga hutan yang ada di wilayah bioma taiga sering juga disebut dengan hutan konifer. Contoh jenis-jenis tumbuhan konifer tersebut adalah alder, birch, dan juniper dan spruce.
Alder Juniper dan Spruce, pohon-pohon konifer yang tumbuh di bioma taiga
Pohon-pohon di hutan konifer mempunyai daun yang berbentuk seperti jarum dan mempunyai zat lilin dibagian luarnya sehingga tahan terhadap kekeringan. Kondisi tersebut menyebabkan hanya sedikit hewan yang dapat hidup di daerah bioma Taiga, misalnya beruang, rubah dan serigala.
Bab 3



Penutup


3.1 Kesimpulan

 Dari isi materi diatas dapat disimpulkan bahwa :
  1. Bioma Gurun merupakan bioma yang di dominasi oleh batu/pasir dengan tumbuhan sangat jarang. Dan tidak terdapat di wilayah beriklim tropis seperti di negara Indonesia. Curah hujanya juga sangat tinggi dan amplitudo suhunya juga tinggi.
  2. Bioma tundra merupakan bioma yang terdapat di daerah lingkar kutub utara dan selatan. Vegetasinya juga hanya rerumputan, tidak ada pepohonan yang tumbuh di situ.
  3. Bioma Taiga banyak ditemukan di belahan bumi utara. Dan juga merupakan Bioma terluas dari semua bioma bioma di bumi.





3.2 Saran
Saran untuk guru :
  • Diharapkan guru pembimbing yang telah memberikan tugas ini mampu mencermati apa isi makalah ini dan menjelaskanya kembali kepada siswa.
  • Diharapkan guru pembimbing yang telah memberikan tugas ini mampu mencermati susunan makalh ini dan memberi penilaian secara gamblang agar siswa puas dengan jiri payahnya.
  • Diharapkan guru tidak hanya sekedar membaca dan memberi penilaian saja, akan tetapi juga memberikan contoh contoh untuk menjaga keutuhan ekosistem dan juga ikut melaksanakannya.
Saran untuk siswa/pembaca :
  • Diharapkan dalam membaca makalah ini dengan penuh rasa introspeksi diri agar kita semua mengerti akan arti dari apa yang kita baca.
  • Berdiskusilah kepada orang lain tentang berbagai bioma bioma lainya agar wawasan kita lebih luas.


















DISUSUN OLEH :



  1. FN Muktiono Dimi

Tag : * Pengetahuan Unik On The Spot * Pengetahuan Unik * On the spot * Universitas Terbaik * Universitas Dunia * On The Spot Unik * Artikel On The Spot * Artikel Pengetahuan Unik * Dunia Bloging * Dunia Komputer * Teknologi * Komputer * Dunia teknologi

{ 5 komentar... Views All / Kirimkan Komentar! }

tata fitria Reply mengatakan...

terimakasih, sudah membantu tgas saya

Blog Alank Reply mengatakan...

dengan adanya makalah ini saya bisa menyelesaikan tugas yg diberi guru biologi saya,
terima kasih

muktionodimi Reply mengatakan...

sama sama.. berkomentar adalah imbalan tersendiri bagi saya

Anonim Reply mengatakan...

terimakasih, artikel ini telah banyak membantu :)

Ngiseng Community Reply mengatakan...

senang rasanya bisa membantu banyak orang :)

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar.Bergabung dengan Ngiseng Community