MEMBUAT JAM DIGITAL PADA FLASH VERSI KEDUA

Bookmark and Share

Berikut ada sedikit tutorial basic pembuatan aksesoris jam kayak di clocklink.com, hihihihi… tudepoin aja yak… begini ceritanya… Tung ting tung ting : Jam Dinding *Doraemon Mode ON*
Pertama, buat dokumen di flash dengan ukuran 120x120 pixel.

Di stage, buat gambar persegi panjang seperti dalam contoh di bawah ini. Gambar ini nantinya akan kita gunakan sebagai jarum penunjuk jam (jarum yang pendek :P). Kemudian ubah gambar tsb menjadi movieclip dengan cara : seleksi gambar tsb >> pada keyboard tekan tombol F8, maka akan muncul dialog box "Convert to Symbol". Pilih type-nya "Movie clip", abis itu pilih Registration pointnya seperti pada gambar di bawah ini. Letak Registration point sangat penting untuk menentukan pusat putaran dari sebuah movieclip :)
Beri nama symbol movieclip ini sesuai selera Anda, nama ini gak begitu penting karena sebenarnya yang dibutuhkan nanti dalam pemrograman adalah nama instance name-nya.
Setelah movieclip ini jadi, pada properties beri nama instance name untuk movieclip ini dengan nama "jam_mc".

Berikutnya buat movieclip untuk jarum penunjuk menit dengan cara yang sama seperti diatas, yang terpenting adalah memberi nama instance name movieclip ini dengan nama "menit_mc".

Terus buat juga untuk jarum detiknya, beri nama instance namenya "detik_mc".

Abis itu susun ketiga jarum tersebut sehingga registration pointnya menempati
titik yang sama :)

Langkah terakhir masukkan Actionscript di bawah ini pada frame dengan cara klik frame, abis itu pada keyboard tekan tombol F9 sehingga akan muncul panel Actionscript :), yup, masukkan disitu… ;))
_root.onEnterFrame = function() {
//membuat variabel Date object
tanggal = new Date();
//rotasi movieclip "jam_mc"
jam_mc._rotation = tanggal.getHours()*30+(tanggal.getMinutes()/2);
//rotasi movieclip "menit_mc"
menit_mc._rotation = tanggal.getMinutes()*6+(tanggal.getSeconds()/10);
//rotasi movieclip "detik_mc"
detik_mc._rotation = tanggal.getSeconds()*6;
};
Terus kita tinggal buat background jamnya aja… btw informasi waktu jam ini mengambil dari jam yang ada di PC client yang mengakses jam tsb.
Tag : * Pengetahuan Unik On The Spot * Pengetahuan Unik * On the spot * Universitas Terbaik * Universitas Dunia * On The Spot Unik * Artikel On The Spot * Artikel Pengetahuan Unik * Dunia Bloging * Dunia Komputer * Teknologi * Komputer * Dunia teknologi

{ 0 komentar... Views All / Kirimkan Komentar! }

Posting Komentar

Silahkan berkomentar.Bergabung dengan Ngiseng Community