MEMBUAT LOGO CAREFOUR DENGAN COREL DRAW

Bookmark and Share
--> Ngiseng Community , Ngiseng dot com , Jejaring Sosial Ngiseng , Jeajirng Sosial Asset Negara , Jejaring Sosial yang dibuat oleh Indonesia , Indonesia membangun Jejaring Sosial Bernama Ngiseng Community , Cara Bergabung di Ngiseng[dot]com

Carefout Vector - Mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda yang sering pergi berbelanja ke carefour. Kita bisa melihat logo carefour yang terpampang dipinggiran jalan maupun di mall mall. Disini saya tidak bermaksud untuk promosi ataupun mendoktrin anda pergi berbelanja ke carefour . Pada pembahasan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat logo carefour tersebut menggunakan software desain grafis berbasis vector yaitu Corel Draw. Corel Draw yang saya gunakan kali ini adalah Corel Draw versi 12, namun apabila anda menggunakan Corel Draw 9 atau versi diatas 12 tidak ada masalah.

Baik langsung saja pertama kita membuat lingkaran dengan menekan tombol 'Ctrl' agar diameternya sama sehingga tidak membentuk oval.



Kemudian kita duplikat ( copy ) lingkaran tersebut dengan menekan 'Ctrl + D'



Sekarang kita mempunyai dua buah lingkaran. Lingkaran pertama kita beri warna abu abu sedangkan lingkaran duplikat kita beri warna kuning.



Lalu setelah diberi warna, kecilkan lingkaran yang berwarna kuning kemudian kita taruhkan ditengah lingkaran yang berwarna abu abu dengan cara menselect kedua lingkaran tersebut lalu tekan 'E' lalu tekan 'C' ( Pastikan lingkaran kuning berada didepan lingkaran abu abu )



Nah.. saat masih dalam keadaan terselect dua duanya langkah berikutnya kita akan melubangi lingkaran abu abu berdasarkan lingkaran kuning karena tujuan pertama kita yaitu membuat huruf C. Maka kita dapat menggunakan fasilitas Corel Draw yang bernama Trim pada menu Arrange - Shaping - Trim atau langsung pada toolbar.



Setelah di Trim, unselect semua lingkaran dengan mengklik kursor disembarang tempat lalu klik lingkaran kuning dan tekan 'DELETE' untuk menghapusnya.



Nah sekarang lingkaran abu abu sudah bolong seperti donat. Maka langkah selanjutnya yaitu membuat persegi panjang dan ditempatkan disisi kanan lingkaran abu abu. Persegi panjang ini fungsinya adalah untuk memotong sisi kanan lingkaran abu abu supaya membentuk huruf C. ( Pastikan persegi panjang berada didepan lingkaran abu abu ) Setelah itu lakukan pemotongan dengan Trim.



Setelah terbentuk huruf C maka kita akan membuat lengkungan di ujung pangkal atas huruf C tersebut menjadi lingkaran. Maka kita buat sebuah lingkaran kecil dengan sambil menekan tombol 'Ctrl' lalu letakan di ujung pangkal atas huruf C tersebut.



Untuk mendapatkan hasil yang optimal dengan tingkat kedetailan yang tinggi kita bisa melakukan zoom atau memperbesar dengan menscroll mouse. Setelah mendapatkan posisi yang enak maka select kedua objek tadi ( huruf C dan lingkaran kecil ). Setelah terselect maka proses selanjutnya adalah menyatukan/menggabungkan kedua objek tadi, untuk itu kita dapat melakukannya dengan fasilitas Weld yang ada di menu Arrange - Shaping - Weld atau langsung pada toolbar.



Setelah kita mendapatkan sebuah objek huruf C tumpul dipangkal atas maka langkah selanjutnya yaitu memotong ( dianjurkan secara simetris ) objek tersebut secara horizontal untuk nantinya diduplikasi secara vertikal. Caranya adalah dengan membuat sebuah persegi panjang dan menempatkannya dibagian bawah objek huruf C.kemudian select kedua objek tersebut ( huruf C tumpul dengan persegi panjang ).Persegi panjang ini fungsinya hanya untuk memotong. Lalu potonglah dengan Trim.



Setelah mendapatkan objek huruf C setengah maka setelah itu kita duplikat objek tersebut lalu balik secara vertikal objek duplikatan tadi dengan melakukan Mirroring pada Corel Draw pada menu Arrange - Transformation - Scale atau lebih gampangnya langsung lewat toolbar.



lalu pastikan kedua objek tersebut bersentuhan dan ratakan secara vertikal ( rata vertikal ) dengan menekan tombol C. Setelah rata lalu lakukan Weld. Dan jadilah objek huruf C seperti pada gambar dibawah ini :



Setelah huruf C terbuat, maka langkah kita selanjutnya adalah dengan membuat Persegi Empat ( alias kotak dan bukan persegi panjang ) dengan sambil menekan tombol 'Ctrl'. Lalu ubah sudut kemiringan menjadi 45 derajat yang dapat langsung dilakukan pada toolbar lalu tekan 'Enter' sehingga membentuk objek bujur sangkar.



Setelah itu select objek bujur sangkar dan objek huruf C yang sudah jadi tadi. Tengahkan persis berada ditengah dengan menekan tombol 'E' kemudian tombol 'C' ( bisa dilakukan secara terbalik ) dan rapatkan kedua ujung bujur sangkar ( atas dan bawah ) tadi agar tidak membludak keluar dari objek huruf C. Pastikan bujur sangkar berada di belakang dengan mengklik kanan dahulu bujur sangkar pilih Order - To Back



Lakukan Trim dan hapus objek huruf C. Setelah membentuk logo care four langkah selanjutnya adalah dengan memberi warna biru dan merah. Karena objek tersebut merupakan satu objek maka kita hanya bisa memberikan satu warna. Untuk itu kita harus melakukan pemecahan pada objek yang terpisah tersebut agar menjadi objek yang terpecah pecah ( pada logo carefour hanya ada dua objek terpecah ) agar dapat memecah objek kita dapat lakukan dengan menekan tombol 'Ctrl + K'. Dan warnai objek itu satu persatu sehingga menjadi seperti ini :



Nah akhirnya logo carefour-pun selesai terbuat. Untuk teknik pewarnaan kita bisa menambah seperti kilatan cahaya tampak mengkilau dan menambahkan bayangan, untuk penggunaan teknik pewarnaan itu nanti akan kita bahas di lain kesempatan. Apabila ada pertanyaan silahakan berkoment :D



NB : Bagi anda yang ingin mengcopas artikel ini mohon diberikan sumber mengarah ke potingan blog ini ( muktionodimi.blogspot.com ). 



{ 2 komentar... Views All / Kirimkan Komentar! }

agen bola Reply mengatakan...

lumayan rumit juga ya gan bikin logonya,,,huhuuhu
thank's gan infonya

agen bola Reply mengatakan...

lumayan rumit juga ya bikin logonya, thank's ya gan infonya

Posting Komentar

Silahkan berkomentar.Bergabung dengan Ngiseng Community