Ngiseng.com | Jejaring Sosial Indonesia Tanpa CMS

Bookmark and Share

 Ngiseng.com - Mungkin anda kira ini lanjutan dari postingan saya mengenai jejaring sosial yang saya buat sebelumnya . Ya mungkin itu agak benar karena ini ada kaitanya dengan situs jejaring sosial yang pernah saya buat sebelumnya. Namun karena beberapa kritik, saran, dan permintaan akhirnya saya memperbaiki situs Jejaring Sosial tersebut. Tidak lain mulai dari masalah Desain,Bug,Security,dan Domain :
  1. Desain , Pada desain sebelumnya saya mengkombinasikan tabel dengan perintah include pada PHP, namun hal ini sangat kurang praktis karena pada penerapanya situs menjadi kurang dinamis dan tampilanya tidak stabil maka dari itu saya ganti dengan tag <div> yang dikolaborasikan dengan CSS lalu saya kombinasikan dengan perintah include pada PHP. Dengan pergantian ini akan nampak sekali perubahan yang begitu relevan, tampilan menjadi lebih simpel dan tertata rapi. Saya juga mengganti tema situs ini menjadi Merah Putih dengan Background batu bata susun yang gambarnya saya ambil dari google dan logo header bertemakan batik yang saya buat sendiri.
  2. Bug , Situs sebelumnya memiliki bug yang sebelumnya tidak saya ketahui, dengan beberapa penjelasan dari pakar pakar forum PHP akhirnya saya mencoba untuk memperbaiki bug bug tersebut.
  3. Security ,Untuk masalah security memang inilah yang paling penting menurut saya. Dengan adanya bug bug disitus maka para hacker dengan kreatifnya dapat memanfaatkan celah celah bug untuk melakukan aksi hackingnya.  Security yang saya jumpai pada situs yang lalu lumayan lemah karena masih dapat ditembaus dengan mudah oleh para hacker. Pertama adalah SQL Injection, SQL Injection merupakan teknik khusus yang dapat dikembangkan oleh para Hacker untuk memanipulasi perintah SQL pada situs yang menyediakan form form untuk dieksekusi dengan perintah SQL. SQL Injection ini pada khususnya digunakan para hacker untuk masuk kedalam situs secara ilegal. Pada penerapanya sangat mudah sekali, pada form login anda tinggal mengisikan namauser diikuti tanda '# ( petik pagar ), petik disini berfungsi untuk mengakhiri sebuah perintah eksekusi dan pagar ini berfungsi untuk menjadikan perintah sesudahnya menjadi komentar pada PHP sehingga tidak ikut tereksekusi. Dengan begitu maka hacker dapat mengakses situs menggunakan situs orang lain. Untuk penyelesaiannya sebenarnya ada banyak cara, salah satunya dengan menggunakan fungsi mysql_real_escape_string(). Fungsi ini berfungsi untuk menampilkan karakter asli dari inputan form sehingga karakter '# ( petik pagar ) tidak dibaca sebagai perintah. Untuk penerapanya akan saya jelaskan lain waktu. Celah yang kedua yaitu Form Upload, Form upload ini paling sering digunakan para hacker untuk mengupload virus atau perintah perintah yang tidak di inginkan, maka dari itu harus ada pemfilteran tipe ekstensi file dan memprotect folder directory dengan htaccess. Untuk penerapanya akan saya jelaskan lain waktu. Yang ketiga yaitu celah URL, celah URL ini sangat gampang digunakan. Misal kita akan menggunakan methode POST dengan URL home.php?id_user=5&action=edit, untuk para hacker URL tersebut dapat dimanipulasi menjadi nilai nilai yang tidak diinginkan, misal hacker mengganti URL tadi menjadi home.php?id_user=6&action=edit,  hal tersebut tentu saja mengubah nilai id_user yang sebelumnya 5 menjadi 6 tentu saja hal ini akan berpengaruh pada method POSTnya. Maka dari itu solusinya dengan menggunakan htaccess RewriteEngine supaya kita dapat memanipulasi URL tadi menjadi home.php/edit5 atau sesukanya. Untuk penerapanya akan saya jelaskan lain kali.
  4. Domain ,Domain sangat berpengaruh terhadap situs. Agar terlihat seperti situs profesional kita harus menggunaka TLD ( Top Level Domain ) seperti .com .net .co.id dll. Maka dari itu saya merestart database.Bahkan ada yang menyarakan lagi untuk menggunaka server sendiri namun menjaga server bukanlah hal yang mudah.
  5. Tambahan Fitur ,Saya juga menambahkan beberapa fitur, salah satunya fitur EMOTICON, karena saya belum ahli membuat animasi sendiri maka Emoticon saya ambil yang Open Source. Dengan menambahkan tulisan +jempol +wow +ngakak +joged +curang pada Paguyuban maka secara otomatis akan tampil Emoticonnya.
 Mungkin semua perbaikan itu masih butuh perbaikan lagi.  Tidak ada situs yang sempurna di Dunia ini karena Teknologi semakin berkembang yang sempurna hanyalah yang Maha Kuasa dan Andra & the Backbone ( hahaha ). Bagi yang mau coba silahkan klik disini , atau kunjungi langsung Ngiseng.com.
Tag : * Pengetahuan Unik On The Spot * Pengetahuan Unik * On the spot * Universitas Terbaik * Universitas Dunia * On The Spot Unik * Artikel On The Spot * Artikel Pengetahuan Unik * Dunia Bloging * Dunia Komputer * Teknologi * Komputer * Dunia teknologi

{ 4 komentar... Views All / Kirimkan Komentar! }

Biaz Reply mengatakan...

Berkunjung.. :D

Mad Buddy Reply mengatakan...

Wuahhh..... semoga akin sukses blognya ya mas bray :) thanks banyak ilmu tutorial yang bisa saya pelajari disini.

Dimi Reply mengatakan...

terimakasih semuanya

Admin SatriaNet Reply mengatakan...

berkunjung juga

Posting Komentar

Silahkan berkomentar.Bergabung dengan Ngiseng Community