Membuat Aplikasi Penyimpanan Data Dengan PHP MYSQL

Bookmark and Share
Muktiono Dimi Setelah kemarin kita sudah mengenal PHP dan belajar sedikit syntax di PHP sekarang kita akan mencoba untuk menggabungkan bahasa PHP dengan database MYSQL. Maka dari itu dalam postingan ini kita akan membahas bagaimana kita mengirimkan data ke database server. Teknik pengiriman data ini merupakan teknik dasar yang setidaknya wajib diketahui karena nantinya teknik ini akan sering digunakan dalam pembuatan aplikasai berbasis web maupun tidak seperti tempat penyimpanan nomor HP, alamat, buku tamu,dsb.
Baik langsung saja pertama tama kita harus membuat database MYSQL terlebih dahulu, caranya :

Aktifkan server pada XAMPP Control Panel


Ketikan localhost pada browser lalu pilih phpMyAdmin pada menu tool



Kemudian pilih Basisdata ( Database )



Buat Database dengan nama test



Setelah terbuat maka nama test akan muncul di samping kiri lalu klik



Buat tabel pada menu create table dengan nama coba dan isikan pada field pertama 'nama' lalu field kedua 'pesan'. Ubahlah jenis fieldnya menjadi longtext semua



Nah setelah kita berhasil membuat database 'test' dan tabel 'coba' kita akan langsung ke dunia scripting. Pertama tama kita harus buat koneksi ke database server. Kita buat dengan nama koneksi.php :

<?php
$koneksi = mysql_connect("localhost","root",""); //Koneksi ke localhost dengan username root dan password kosong
mysql_select_db('test'); //Memilih database test
?>

Penjelasan script :
  1. //, Merupakan tanda untuk memberikan komentar atau keterangan. Komentar tidak akan ditampilkan sebagai perintah. Komentar hanya membantu kita untuk mengetahui fungsi bagian ini dan bagian itu. Jadi usahakan sering seringlah menambahkan komentar pada penulisan script. Komentar disini diakiri dengan garis baru ( Sebut saja tombol Enter )
  2. $koneksi = mysql_connect("localhost","root","") ,  Variabel dalam PHP yang berisi perintah ( Bukan string ) akan otomatis tereksekusi atau dijalankan.
  3. mysql_select_db(test) , memili database test.

Nah, setelah kita berhasil membuat koneksi ke server dan menyimpannya dalam bentuk file koneksi.php maka langkah selanjutnya kita akan membuat form penginputan datanya. Dalam hal ini kita perlu mengetahui bahasa HTML. Berikut contoh sederhana formnya ( Simpan dengan nama kirimpesan.html ) :

<title>Kirim pesan ke aku</title>
<center>Selamat datang di Pusat bantuan Ngiseng.com</center>
<center>Silahkan isi nama dan pesan anda</center><br>
<center>
<form name="coba" method="post" action="proses.php">
<table>
<tr><td>Nama</td><td><input type="text" name="nama"></td></tr>
<tr><td>Pesan</td><td><input type="text" name="pesan"></td></tr>
<tr><td colspan="2"><input type="submit" name="submit" value="Kirim"></td></tr>
</table>
</form>
</center>
<center><b>Powered by Ngiseng.com | Muktiono Dimi</b></center>

Ini previewnya :



Penjelasan script :
  1. <form name="coba" method="post" action="proses.php"> , Penting kita harus menambahkan tag method dan action pada atribut form. Method bernilai POST atau GET, sedangkan action merupakan tempat dimana setelah kita menekan tombol submit.
  2. <input type="text" name="nama"> , Pada setiap inputan harus ditambahkan name yang berfungsi sebagai pengenal untuk nantinya akan diambil datanya.
Kalau kita liat pada form diatas kita dapat menjumpai apada action formnya bernilai proses.php. Maka dari itu kita harus membuat file proses.php. File inilah yang berkerja menyimpan data ke database server. Ini scriptnya :

<?php
include "koneksi.php";
$nama = $_REQUEST['nama'];
$pesan = $_REQUEST['pesan'];
$kirimpesan=mysql_query("insert into coba(nama,pesan) values('$nama','$pesan')");
if($kirimpesan){
    echo "Pesan anda telah terkirim";
}else{
    echo "Gagal";
}
?>

Penjelasan script :
  1. include "koneksi.php" , Perintah include digunakan untuk menambahkan script pada sebuah document script atau dengan kata lainya menggabungkan script. Dari contoh diatas akan sama bila perintah include "koneksi.php" diganti menjadi isi dari file koneksi.php namun sangat disarankan agar kita menggunakan perintah include untuk efisiensi sewaktu waktu kita melakukan perubahan pada koneksi server.
  2. $nama = $_REQUEST['nama'] , Membuat variabel bernama 'nama' yang mempunyai nilai pada inputan html sebelumnya dengan poperti name='nama'. Contoh : Jika anda mengisikan pada form inputan 'nama' dengan nilai dimi, maka $nama bernilai 'dimi'
  3. $kirimpesan=mysql_query("insert into coba(nama,pesan) values('$nama','$pesan')") , Perintah ini digunakan untuk menyimpan data ke tabel coba. Perintah mysql_query("isi perintah SQL") berfungsi untuk menjalan kan perintah SQL. INSERT INTO nama_tabel(field_tabel1,fileld_tabel2,dst) values('isi_untuk_field1','isi_untuk_field2',dst) merupakan perintah SQL yang berfungsi untuk menambahkan/menyisipkan data. Untuk memudahkanya dapat diterjemahkan menjadi 'Sisipkan ke tabel coba yang mempunyai field nama dan pesan dengan nilai variabel nama dan variabel pesan'. Perlu diketahui bahwa field tabel dan nilai yang akan diisikan akan urut. Contoh : nama_tabel(field_tabel1,fileld_tabel2,dst) values('isi_untuk_field1','isi_untuk_field2',dst).
  4. if($kirimpesan) { perintah1 }else{ perintah2 } , Ini merupakan perintah if yang artinya " Jika variabel $kirimpesan terlaksanakan maka akan menjalankan perintah1 jika tidak maka akan menjalankan perintah2 "
Jadi konsepnya adalah kita membuat 3 file script yang bernama koneksi.php, kirimpesan.html, dan proses.php difolder htdocs tempat anda menginstall XAMPP. Untuk mencoba testnya berhasil atau tidak  silahkan buka http://localhost/kirimpesan.html dari browser anda. Isikan data ( nama dan pesan ) lalu klik tombol kirim



Jika berhasil maka anda dapat mengeceknya di phpMyAdmin tempat tabel 'coba' dibuat lalu klik browser.


 Nah sampai sini aja dulu pembahasan kita. Untuk selanjutnya kita bisa membuat perintah untuk menampilkan isi dari pesan pesan tersebut. Mohon maaf bila ada yang kesalahan dalam pembahasan diatas, kita saling berkoreksi saja karena kita disini belajar secara otodidak bersama. Apabila ada yang belum paham atau mengganjal bisa dibahas di kotak komentar.


Ngiseng Community , Ngiseng dot com , Jejaring Sosial Ngiseng , Jeajirng Sosial Asset Negara , Jejaring Sosial yang dibuat oleh Indonesia , Indonesia membangun Jejaring Sosial Bernama Ngiseng Community , Cara Bergabung di Ngiseng[dot]com

{ 0 komentar... Views All / Kirimkan Komentar! }

Posting Komentar

Silahkan berkomentar.Bergabung dengan Ngiseng Community