Menampilkan Teks Dengan PHP Echo

Bookmark and Share


  PHP Echo - Echo dalam php merupakan sebuah perintah yang digunakan untuk menampilkan sebuah teks atau pesan. Echo dalam bahasa Indonesia ( Terjemahan dari bahasa Inggris ) berarti "Gema". Dari artinya saja hampir sama dengan penggunaannya. Untuk penulisannya cukup mudah yaitu tinggal kita tuliskan saja perintah echo di ikuti dengan teks yang akan ditampilkan.

Contoh :

<?php
echo "Selamat datang di ngiseng.com";
?>

Kemudian simpan dengan nama coba.php ( Ingat !! harus disimpan dengan ekstensi .php bukan .html ataupun .txt) folder htdocs di tempat anda menginstal XAMPP dan cobalah buka dibrowser dengan mengetikan alamat http://localhost/coba.php dan pastikan anda telah menghidupkan server pada komputer anda dengan cara masuk ke XAMPP Control Panel lalu klik start pada Apache dan Mysql maka hasilnya akan seperti ini :


Penjelasan script :
  1. <?php ( diawal ) dan ?> diakhir , merupakan tanda khusus bahwa kode PHP berlaku didalam tanda itu dan ekstensinya juga .php
  2. echo "Selamat datang di ngiseng.com"; , merupakan perintah yang digunakan untuk menampilkan teks berisi Selamat datang di ngiseng.com. Perlu di ingat bahwa penggunaan string langsung dengan perintah echo dalam php diperlukan adanya tanda petik diantara Teks langsungnya dan jika ingin mengakhiri perintah anda harus menambahkan titik koma ( ; ) diakhir perintah karena hal ini berlaku bagi semua perintah dalam php.
Perintah Echo dalam PHP juga dapat menampilkan sebuah atau beberapa buah isi dari variabel

Contoh :

<?php 
$coba = "Muktiono Dimi memang ganteng";
echo $coba;
?>

Dan hasilnya akan seperti ini :

Penjelasan script :
  1. $coba = "Muktiono Dimi memang ganteng"; , Merupakan sebuah variabel yang bernama coba yang mempunyai nilai Muktiono Dimi memang ganteng . Penulisan variabel dalam PHP harus diawali dengan tanda Cash ( Saya biasa menyebutnya Dollar ) dan karena nilai itu string langsung maka harus diapit tanda petik ( Penyampaian nilai menggunakan tanda '=' atau dengan kata lain samadengan )
  2. echo $coba; , Perintah ini berfungsi untuk menampilkan nilai variabel coba. Karena ini merupakan string yang tidak langsung ( Melalui variabel ) maka boleh mengabaikan tanda petik.
Perintah Echo dalam PHP juga dapat menampilkan gabungan dari string langsung dan variabel

Contoh :

<?php
$ngiseng = 5;
$ngising = 3;
$total = $ngiseng + $ngising;
echo "Pemilih Ngiseng.com berjumlah ".$ngiseng." orang. Pemilih Ngising.com berjumlah ".$ngising." orang. Jadi totalnya berjumlah ".$total." orang";
?>

Hasilnya akan seperti ini :


Penjelasan script :
  1. $ngiseng = 5; , Perintah ini menunjukan variabel yang bernilai 5 ( Ingat !! Angka 5 disini bukan string karena tidak diapit tanda petik ). Karena ini bukan string maka nilai dari variabel ini dapat di hitung seperti pada script $total = $ngiseng + $ngising .
  2.  echo "Pemilih Ngiseng.com berjumlah ".$ngiseng." orang. Pemilih Ngising.com berjumlah ".$ngising." orang. Jadi totalnya berjumlah ".$total." orang"; , Pada bagian script ini terdapat penggabungan antara string dengan variabel. Dalam proses penggabungan itu, sebuah variabel diapit tanda titik ketika dipadukan dengan string seperti pada script bagian ini "Pemilih Ngiseng.com berjumlah ".$ngiseng." orang." Perlu diketahui juga bahwa karakter spasi disini juga diikutkan dalam tampilan echo.
Mungkin hanya itu yang dapat saya posting kali ini. Bagi yang mempunyai pertanyaan bisa berkomentar dibawah artikel ini atau mendaftar di Ngiseng[dot]com. Barang kali ada kesalahan mohon koreksinya karena disini kita hanya belajar bersama secara otodidak.







{ 0 komentar... Views All / Kirimkan Komentar! }

Posting Komentar

Silahkan berkomentar.Bergabung dengan Ngiseng Community